iSIOMAS
Vina's daddy

Rahasia Dibalik NVIDIA G70

Graphics Processing Unit terbaru dari NVIDIA, G70 atau yang lebih dikenal sebagai GeForce 7800, merupakan chip graphics processor terkompleks yang pernah dibuat. G70 memiliki transistor sejumlah 302 juta yang diproses menggunakan proses fabrikasi 110nm (oleh TMSC). Sebagai perbandingan, jumlah transistor yang dimilikinya lebih banyak dibandingkan jumlah transistor pada prosesor desktop terbaru AMD X2 (233 juta) dan Intel Pentium D (230 juta).

Written by iQ on Tuesday December 13, 2005
Permalink -

Super Komputer

Sejak BlueGene dari IBM menduduki posisi teratas Top 500, kompetisi membuat superkomputer tercepat dunia kembali ramai. Di Jepang, NEC membangun komputer vektor tercepat segala zaman. Jerman pun berambisi untuk merebut posisi puncak.

Written by iQ on Tuesday December 13, 2005
Permalink -

Merancang dan Memproduksi Processor - bag.1

Dalam perkembangannya, processor mengalami banyak perubahan. Pertama kali diperkenalkan oleh IBM dengan nama 8088, dengan kecepatan dibawah 5 MHz. Tanpa math processor dan dilengkapi 16 bit intenal data bus dan 8bit external data bus. Processor tersebut hanya terdiri dari 29000 transistor. Jika dibandingkan dengan processor pada saat ini yang telah memiliki lebih dari 6000 kali lipat transistor, dengan kecepatan yang juga jauh lebih cepat.

Written by iQ on Tuesday December 13, 2005
Permalink -

Membangun Virtual Private Network dengan Linux

VPN (Virtual Private Network) memungkinkan kita tetap dapat terhubung ke suatu jaringan lokal (LAN) tertentu melalui jaringan publik (internet), tanpa resiko data kita akan terbaca oleh pihak lain, hal ini dikarenakan pada saat berkomunikasi, data yang ditransfer adalah data yang diacak.

Written by iQ on Monday December 12, 2005
Permalink -

Merancang dan Memproduksi Processor - bag.2

Processorpun mulai diproduksi

Semua hasil pengujian sudah memberikan hasil sesuai dengan yang diperhitungkan, maka proses selanjutnya adalah proses utama yaitu processorpun mulai diproduksi.

Written by iQ on Monday December 12, 2005
Permalink -

Bridge, Switch dan Virtual LAN

Perangkat internetworking menawarkan komunikasi diantara segmen Local Area Network (LAN). Ada empat tipe utama perangkat internetworking ini: repeater, bridge, router dan gateway. Perangkat ini dibedakan berdasarkan sistem lapisan OSI (Open System Interconnection) yang digunakan, yang berfungsi sebagai media komunikasi dari LAN ke LAN. Repeater menghubungkan LAN di lapisan kesatu atau lapisan fisik, Bridge menghubungkan LAN di lapisan kedua atau lapisan data-link, Router menghubungkan LAN di lapisan ketiga atau lapisan network, dan Gateway menghubungkan LAN di lapisan kesatu sampai ketujuh.

Written by iQ on Monday December 12, 2005
Permalink -

Speedup

In parallel computing, speedup refers to how much a parallel algorithm is faster than a corresponding sequential algorithm.

Written by iQ on Monday October 17, 2005
Permalink -

Advanced Computer Architecture (EC 6020)

Problem

Consider a scalable multiprocessor with p processing nodes and distributed share memory. Let R be the rate of each processing node generating a request to access remote memory through the interconnection network. Let L be the average latency for remote memory access. Derive expressions for the processor efficiency Eunder each of following conditions:

Written by iQ on Friday October 7, 2005
Permalink -

Tugas: Referensi Buku / Silabus Arsitektur Komputer Lanjut

Tugas ini adalah untuk mencari referensi buku / silabus Arsitektur Komputer Lanjut. Tujuannya adalah untuk mencari wawasan baru dalam pemilihan materi perkuliahan dan diharapkan dapat dijadikan sebagai pembanding materi perkuliahan Arsitektur Komputer Lanjut di ITB dengan perguruan tinggi lain, terutama universitas / perguruan tinggi yang berada di luar negeri.

Written by iQ on Monday August 22, 2005
Permalink -