iSIOMAS
Vina's daddy

Apakah Ada Algoritma-Algoritma Khusus Untuk Proses Load Balancing?

Dalam sistem load balancing, proses pembagian bebannya memiliki teknik dan algoritma tersrndiri. Pada perangkat load balancing yang kompleks biasanya disediakan bermacam-macam algoritma pembagian beban ini. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan pembagian beban dengan karakteristik dari server-server yang ada di belakangnya.

Secara umum, algoritma-algoritma pembagian beban yang banyak di gunakan saat ini adalah:

  • Round Robin

    Algoritma Round Robin merupakan algoritma yang paling sederhana dan banyak digunakan oleh perangkat load balancing. Algoritma ini membagi beban secara bergiliran dan berurutan dari satu server ke server lain sehingga membentuk putaran.

  • Ratio

    Ratio (rasio) sebenarnya merupakan sebuah parameter yang diberikan untuk masing-masing server yang akan di masukkan kedalam sistem load balancing. Dari parameter Ratio ini, akan dilakukan pembagian beban terhadap server-server yang diberi rasio. Server dengan rasio terbesar diberi beban besar, begitu juga dengan server dengan rasio kecil akan lebih sedikit diberi beban.

  • Fastest

    Algoritma yang satu ini melakukan pembagian beban dengan mengutamakan server-server yang memiliki respon yang paling cepat. Server di dalam jaringan yang memiliki respon paling cepat merupakan server yang kan mengambil beban pada saat permintaan masuk.

  • Least Connection

    Algoritma Least connection akan melakukan pembagian beban berdasarkan banyaknya koneksi yang sedang dilayani oleh sebuah server. Server dengan pelayanan koneksi yang paling sedikit akan diberikan beban yang berikutnya akan masuk.
Written by iQ on Saturday December 17, 2005
Permalink -

« Bagaimana Proses Load Balancing Dapat Bekerja? - Interconnection Networks and Clusters »